30 Hari Menulis Surat Cinta

#10 | 26 Tahun Yang Terlewat

Untuk Bapak Abd. Haris,

Selamat pagi, Pak. Apa kabar?
Semoga selalu dalam lindungan Tuhan ya, Pak. Atau biar terlihat lebih akrab, aku panggil Papa saja ya. Jika Anda berkenan.
Pa, tak pernah kulihat sosokmu di kehidupanku. Kau meninggalkan Mama dan aku, bahkan sebelum aku melihat cahaya di dunia ini. Entah apa yang kau kejar saat itu, entah mimpi apa yang ingin kau raih. Perhiasan dunia kah? Jabatan? Atau wanita? Aku tak tahu, dan tak akan pernah tahu. Hanya saja, apapun itu, semoga semua hal yang ingin kau wujudkan dapat kau raih.

Pa, tahukah kau, bahwa aku besar dengan rasa iri menggerogoti hati? Iri ketika teman tumbuh besar bersama orang tua di sisi. Iri ketika hanya selalu Mama yang datang ke sekolah untuk mengambil rapor ku. Aku yang tumbuh besar dengan rasa tidak percaya diri yang mengungkung. Aku selalu menganggap diri ini kecil dan tak mampu menjadi seperti teman-temanku yang lain.
Tapi tak mengapa, Pa. Mungkin hanya aku yang kurang bisa bersosialisasi dan terlalu lama mengurung diriku dalam kesendirian.

Pa, pernah terlintas di pikiranku, jika suatu saat kita bertemu aku ingin sekali memakimu. Mengucapkan sumpah serapah untukmu. Tapi kemudian aku sadar. Untuk apa? Karena pada kenyataannya aku tidak pernah memilikimu, Pa. Kau selalu menjadi sosok tak tersentuh. Aku hanya sedikit menyesali, sedikiiitttt sekali, karena kepergianmu menggoreskan luka di hati Mama. Luka yang bernanah dan tak akan pernah bisa sembuh. Mama menyimpan kesedihannya sendiri, Pa. Beliau tak pernah menunjukkannya padaku, tapi aku tahu.

Pa, apa Papa ingat tanggal berapa sekarang? 9 Februari, 26 tahun yang lalu anakmu ini lahir ke dunia tanpa dirimu mengumandangkan adzan di telingaku. Bolehkah aku meminta satu hal padamu Pa? Sekali saja seumur hidupku, jika kau masih ada; kau datang di tanggal ini, memelukku, mengusap kepalaku lembut dan mengucapkan selamat ulang tahun untukku?

Anakmu,
Arini Febriana Haris

P.s : maaf, baru kali ini aku menyematkan namamu di belakang namaku

Leave a Reply

